Sebuah cerita di UA (Univ. Ankara) Turkey

by - 12:04 PM

oleh Dicky Rachmat Pauji, S.S., M.Hum.



Mungkin teman-teman sudah sering mendengar dan membaca alangkah indahnya pemandangan di Turki dan tentunya kota Istanbul berikut sejarahnya yang tidak akan dilupakan oleh sejarah dunia. Kali ini saya tidak akan menulis tentang Turki atau Istanbul tetapi lebih kepada sebuah kampus yang berada di ibu kota Turki yaitu Ankara.

Fakultas Bahasa, Sejarah dan Geografi atau dalam Bahasa Turkinya DTCF (Dil Tarih ve Coğrafya Fakültesi) itulah nama kampus saya, fakultas tersebut termasuk ke dalam salah satu fakultas unggulan di Universitas Ankara, mengapa? Karena, kampus ini konon katanya kampus pertama di kota Ankara dan didirikan langsung oleh tokoh sekuler Turki yaitu Mustafa Kemal Atatürk, buktinya adalah ditempatkan persis di pusat kota Ankara (Sıhhiye) dan di dinding bagian depan kampus dituliskan besar-besar salah satu kata-kata mutiara Mustafa Kemal Atatürk yaitu ''Hayatta en hakiki mürşit ilimdir''  (Pembimbing sejati dalam hidup adalah ilmu),
kata-kata mutiara tersebut ditulis dengan maksud untuk supaya setiap mahasiswa yang masuk kampus DTCF tahu akan niat pertama masuk kampus yaitu belajar dan untuk orang yang lulu lalang disekitar area kampus dapat melihat tulisan tersebut, kemudian kata-katanya pun bersifat perintah untuk mencari ilmu. Perlu diketahui juga, tokoh sekuler Turki tersebut, juga sangat menyukai kajian sejarah dan dapat dibuktikan dengan peninggalan-peninggalan bukunya yang dipajang dimuseum Anıtkabir Ankara.


Saya sendiri salah satu mahasiswa S3 dari Indonesia yang diberi kesempatan untuk belajar di kampus DTCF di Jurusan Bahasa-Bahasa Timur Tengah dengan konsentrasi Bahasa Arab. Sangat bersyukur yang saya rasakan sampai sekarang ini, karena keilmuan yang didapat bisa membuka mata keilmuan dan wawasan saya dalam mendalami pelajaran yang saya geluti. Selain itu, sistem pendidikan, para pengajar dan profesionalitas sangat diterapkan dikampus saya. Bahkan sempat bermimpi sekejap ''Mudah-mudahan kelak ketika saya pulang ke Tanah Air ingin sekali menerapkan sistem seperti ini, terutama untuk jurusan yang saya pelajari'' Amin!

Itulah sedikit tulisan dari tentang salah satu kampus di Ankara, mungkin dapat bermanfaat bagi para pembaca yang ingin belajar tentang ilmu-ilmu sosial di Universitas Ankara.

Ankara, 26 April 2014





You May Also Like

0 comments