MASJID UNIK DENGAN ARSITEKTUR KHAS KATEDRAL KATOLIK

by - 7:29 AM



Oleh Jaini Mukhlis

Sekilas, Masjid yang terletak di kota Famagusta, Republik Turki Cyprus Utara (KKTC) ini nampak seperti sebuah Gereja. Kita hanya akan menyadari statusnya sebagai masjid tatkala azan berkumandang disetiap waktu Shalat.

Masjid yang saat ini merupakan salah satu masjid terbesar di Cyprus ini dulunya adalah Katedral Katolik St. Nicolas yang dibangun pada tahun 1298 – 1312 M pada masa kerajaan Lusignans Perancis.


Bangunan bergaya Gothic ini mulai dibuka sebagai tempat ibadah umat Kristen Ortodok pada tahun 1328.

Setelah kota Venesia dan Famagusta jatuh ke tangan Turki Usmani pada tahun 1571, Cyprus masuk ke dalam kontrol Turki Usmani dan Katedral ini pun kemudian diubah fungsinya sebagai masjid, dengan julukan barunya “Masjid Aya Sofya dari Magusa”.

Dari segi arsitektur, Katedral ini bergaya Rayonnant Gothic yang mana gaya ini jarang sekali ditemukan di luar Perancis.

Katedral ini dibangun dengan 3 pintu, menara kembar di atas lorongnya, dan atap yang datar, arsitek khas Crusader.

Selain itu karena gayanya mirip Gereja Rheims di Perancis, Katedral ini pun dijuluki juga “The Rheims of Cyprus”.

Katedral ini pernah mengalami kerusakan akibat gempa sehingga mengakibatkan kerusakan pada 2 menara bagian atas dan bekasnya masih terlihat hingga sekarang.

Karena ajaran Islam melarang gambar dan patung, hampir semua patung dan gambar yang ada di dalam Katedral ini pun dihapus atau ditutupi.

Namun arsitek katedral masih tetap seperti asalnya dan terjaga tanpa adanya perubahan sampai sekarang.
Pada tahun 1954 (Masa Republik Turki), nama Masjid pun dirubah lagi menjadi Lala Mustafa Paşa Camii (Masjid Lala Mustafa Pasha) sebagai penghargaan kepada komandan pasukan Turki Usmani Lala Mustafa Paşa yang telah menaklukkan Cyprus ketika itu.

Saat ini, dengan gaya khas Katedralnya masjid ini merupakan salah satu masjid paling unik yang ada, orang yang baru melihatnya untuk pertama kali pasti akan mengiranya sebagai sebuah Gereja, namun akan tercengang tatkala mendengar alunan suara Azannya di waktu Shalat, Subhanallah Walhamdulillah.





You May Also Like

0 comments