Tentang IKPM Turki

by - 7:55 AM

Ikatan Keluarga Pondok Modern yang disingkat dengan IKPM adalah lembaga Pondok Modern Darussalam Gontor yang menangani alumni atau eks-santri yang tersebar di seluruh Indonesia dan di luar negeri. Lembaga ini didirikan pada tanggal 17 Desember 1949 di Yogyakarta, dan diresmikan kemudian pada tahun 1951 bersamaan dengan perayaan Kesyukuran Seperempat Abad Pondok Modern Darussalam Gontor.

Sifat dari organisasi ini adalah kekeluargaan dan berasaskan agama islam. Lembaga ini berpusat di Pondok Modern Darussalam Gontor.


Lembaga IKPM ini bertujuan untuk mempererat kekeluargaan dan membina persatuan ummat Islam; mempertinggi budi pekerti dan kecerdasan para anggota dalam rangka pengabdian kepada agama, bangsa, dan negara; Mengusahakan kesejahteraan para anggota dan turut serta bertanggung jawab atas kelangsungan Pondok Modern Darussalam Gontor dalam mencapai cita-cita menjunjung tinggi agama Islam, sesuai dengan Piagam Penyerahan Wakaf Pondok Modern Darussalam Gontor pada tanggal 28 R. Awwal 1378/12 Oktober 1958.

IKPM Turki merupakan cabang lembaga yang berdomisili di Negara Turki. Berdiri pada tanggal 17 juni 2012 dengan anggota pertamanya yang berjumlah 10 orang alumni gontor. Setelah pertemuan perdana, kami memutuskan beberapa pokok dasar yang akan menjadi dasar IKPM Turki, yaitu; keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan.

Para alumni dan para eks-santri anggota IKPM tidak terikat secara eksklusif dengan organisasi ini, tetapi mereka tetap bebas menjadi anggota organisasi lain. Hal ini mengingat bahwa Balai Pondok Modern tidak berafiliasi kepada golongan manapun dan tetap berprinsip Berdiri diatas dan untuk semua golongan. Para alumninya diamanati untuk menjadi perekat ummat di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu para alumni tetap dituntut secara moral untuk mempertahankan Ukhuwah Islamiyah di tengah-tengah masyarakat dalam golongan manapun mereka berada.


Anggota organisasi IKPM ini terdiri dari anggota biasa dan anggota kehormatan; anggota biasa adalah alumni atau eks-santri Pondok Modern Darussalam Gontor yang sekurang-kurangnya telah belajar di Pondok Modern Darussalam Gontor selama satu tahun, yang sanggup membawa dan menjaga nama baik serta bersedia membantu kemajuan Pondok Modern Darussalam Gontor. Sedangkan anggota kehormatan adalah setiap muslim yang berjasa terhadap IKPM dan atau terhadap Pondok Modern Darussalam Gontor.

You May Also Like

0 comments