Cara Mendapatkan Beasiswa Pendidikan ke Turki

by - 10:10 AM

oleh Moh. Iqbal Satria N.


Perkenalkan Nama saya Moh. Iqbal Satria Nusantara S2 Univ Marmara Istanbul jurusan Islamic Law. Tulisan ini saya muat untuk memenuhi permintaan beberapa kawan yang ingin melanjutkan pendidikannya ke Turki selain itu tentunya ini adalah kewajiban dan kesadaran saya untuk bersyukur kepada ALLAH TAALA karena tanpa rahmatnya tidak mungkin saya sampai ke benua biru ini. Tentunya melanjutkan pendidikan ke luar  negeri merupakan harapan semua orang salah satunya ke Turki apalagi tanpa biaya.
Banyak yang bertanya kepada saya bagaimana caranya agar bisa mendapatkan beasiswa ke Turki?. Pada dasarnya persyaratan untuk mendapatkan beasiswa Turki sama dengan persyaratan mendapatkan beasiswa luar negeri yang lain. Untuk lebih mudahnya dengan mempersiapkan diri terlebih dahulu untuk berjuang mendapatkan beasiswa ke luar negeri manapun, bukan hanya Turki saja. Untuk itu sebelum saya menjelaskan perihal berbagai macam beasiswa ke turki dan sekaligus cara mendapatkannya, baiknya saya menjelaskan mengenai persiapan-persiapan yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk mendaftarkan diri pada suatu institusi/penyelenggara beasiswa sehingga usaha yang anda lakukan tidak sia-sia. Dan hal inipun yang saya lakukan sebelumnya, sebagai berikut:
1. Hal yang paling penting dipersiapkan adalah bahasa. Biasanya syarat utama untuk mendapatkan beasiswa adalah bahasa khususnya bahasa inggris. Akan percuma mendaftarkan diri apabila tidak mempunyai bahasa yang mumpuni untuk berkomunikasi walaupun kita merupakan peraih nilai tertinggi di sekolah . Karena setiap beasiswa yang anda daftarkan nantinya pasti aka ada test berupa wawancara singkat, dimana tim pewawancara beasiswa akan menilai bahasa anda, banyak teman saya yang gagal saat wawancara karena hal ini. Ketika saya mendaftarkan beasiswa ini bahasa saya masihlah sangat pas-pasan, untuk itu saya pergi ke pare untuk mendalami bahasa inggris mulai dari percakapan sampai tes TOEFL. Baru Apabila persayaratan pertama ini sudah terpenuhi mari kita lanjutkan ke persayaratan nomor dua.
2. Motivation Letter, biasanya beasiswa tertentu mensyaratkan motivation letter dalam bentuk surat. Tetapi untuk beasiswa turki kemarin yang saya alami motivation letter ini dalam bentuk pertanyaan. Persiapkan saja semua jenis motivation letter agar tidak terkendala di kemudian hari. Usahakan menulis Motivation Letter sesuai dengan jurusan/bidang anda.
3. Letter of recommendation. Ini penting Karena mempengaruhi nilai jual. Biasanya kita meminta surat rekomendasi ini  kepada Professor/Rektor, ketua yayasan dan boleh juga ketua lembaga. Fungsinya untuk menguatkan document yang kita kirimkan. Sehingga kita bisa sampai lolos untuk tes wawancara. Jangan lupa semuanya dalam bahasa inggris.
4. Subject penelitian. Tulislah subject penelitian anda yang ingin anda teliti di kampus yang anda tuju. Biasanya hanya berupa essay saja secara umum, tulislah semenarik mungkin sesuai dengan passion dan bidang anda. 
5. Sertifikat TOEFL atau IELTS. Ini dirasa perlu, karena semua beasiswa mensyaratkan ini, walaupun yang saya alami kemarin TOEFL tidak diwajibkan tetapi ada pada kolam isian yang kita kirimkan lewat online.
6. Jangan lupa yang paling utama untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri adalah bahwa anda harus mempunyai PASSPORT, maka persiapkan passport dari sekarang apabila memang berniat melanjutkan pendidikan ke…………
7. Persiapkan segala terjemahan ke dalam bahasa inggris, seperti ijazah, transkrip nilai, surat keterangan sehat dan lain2 yang sekiranya perlu diterjemahkan.
8. Scan Document. Ini berguna untuk menyingkat waktu anda ketika anda memulai register dan mengupload document anda. Sehingga pada waktunya anda tinggal hanya mengupload saja. Oh ya jangan lupa semua document yang discan diperkecil juga. (Foto, Passport, Sertifikat, Piagam, Ijazah, Transkrip, surat rekomendasi…… pokoknya semuanya deh di scan aja….. hehe toh jaman sekarang nyari kerjaan aja lewat online jadi documentnya online juga.

Apabila hal diatas telah dimiliki, maka sudah setengah jalan yang kita lalui (50%). Sekarang tinggal trik untuk menyiasati supaya kitalah yang menjadi pemenang dan berhak mendapatkan beasiswa ke luar  negeri khusunya ke Turki.
Step 1
Mencari daftar seluruh alamat website beasiswa ke seluruh pelosok dunia…. Hehe lebay dikit. Asal udah lengkap syarat yang ada diatas berarti agan2 tinggal kirim berkas saja kemanapun agan mau, cari sendiri situsnya soalnya ane mw jelasin beasiswa yang ada diturki saja. Begini:
Ada dua macam Beasiswa yang bergengsi ke Turki yakni beasiswa TUBITAK dan Beasiswa YTB. Untuk beasiswa TUBITAK bisa masuk lewat situs e-bideb.tubitak.gov.tr   untuk beasiswa YTB bisa masuk lewat situs www.turkiyeburslari.gov.tr bisa dicek di google kalo salah…. Hehehe. Oke sehubungan saya mendapatkan beasiswa YTB maka saya akan menceritakan beasiswa YTB saja, begini ceritanya:
Ketika itu bulan Agustus 2013 saya memutuskan resign dari sekolah tempat saya mengajar di bilangan kota depok memang karena saya ingin focus melanjutkan pendidikan ke luar negeri, ohya ane lupa ane lulusan UIN Jakarta angkatan 88 lulus oktober 2012. Dan lulusan STKIP Arrahmaniyah Depok desember 2013. Setelah saya resign dan selesai menempuh pendidikan saya memutuskan untuk pulang ke kampong halaman. Saya mengalami kegalauan tingkat dewa dimana saya akan berlabuh untuk melanjutkan pendidikan S2?. Saya mengelilingi semua kampus yang ada di SUMBAR. Ketika itu dibenak saya adalah melanjutkan S2 dengan beasiswa. Tapi memang di INDO untuk mendapatkan beasiswa sangatlah susah. Maka saya putuskan untuk focus mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Hal pertama yang saya tempuh adalah bagaimana agar saya mendapatkan nilai TOEFL yang cukup, karena memang disetiap website beasiswa yang saya kunjungi mensyaratkan adanya TOEFL dan IELTS untuk UK dan Australia. Maka saya putuskan untuk berangkat ke PARE kampong inggris untuk belajar TOEFL dan IELTS selama satu bulan. Tetapi sebelum saya berangkat tibalah kabar dari seseorang bahwa ada beasiswa ke Turki yaitu turkiye burslari scholarship. Tak pernah terpikir oleh saya untuk melanjutkan s2 ke turki, tapi yang ada dalam benak saya ketika itu hanyalah mencoba dan mencoba. Maka saya buka situsnya tersebut dan mencari perihal beasiswa tersebut. Ketika saya masuk situsnya itu, saya bingung sangat karena memang bahasannya bahasa turki tetapi ternyata di pojok kanan atas ada pilihan bahasa, yakni menggnakan bhs inggris (inget pojok kanan atas)…. Ohya lupa ketika itu bulan januari 2014….. setelah meng-klik- tombol turkiye scholarship muncul permintaan untuk membuat akun. Maka buatlah akun tersebut dengan lapang dada dan sabar hati, karena memang ketika saya membuat akun tersebut beberapa kali gagal. Oh ya jangan lupa untuk menggunakan nama email yang layak pakai dan sesuai dengan nama anda…., OK.

Step 2 (Cara pengisian)
Setelah anda membuat akun maka di mulailah mengisi form isian. Pertama yang diisi adalah kolam study anda. Apakah anda undergraduate atau post graduate. Kemudian pilihlah bidang anda sesuai dengan passion anda, ketika itu saya memilih hukum islam karena sesuai jurusan saya sewaktu S1 sehingga ketika apabila ditanyakan saat wawancara sangat berkaitan. Next, memilih Universitas sesuai dengan jurusan yang anda pilih. Ada 12 Univ yang harus anda pilih (3 di Istanbul dan Ankara), selebihnya di kota lainnya. Alhamdulillah Univ Marmara adalah yang pertama kali saya pilih dan saya lolos….hehe. Halaman berikutnya adalah mengisi biodata anda, ketika anda menulis Adi tulislah nama depan anda, dan Soyadi, nama belakang anda. Setelah ini Persiapkan segala dokumen yang akan di upload (Passport, Ijazah, Transkrip Nilai, Sertifikat Bahasa (TOEFL dll), pas foto, Piagam Penghargaan, Sertifikat, Letter of recommendation dll). Jangan lupa semua dokumen di perkecil karena maksimal penguploadan 20Mb. Note: Prestasi nilai, rekomendasi, prestasi yang pernah diraih sangat mempengaruhi, maka upload semua dokumen itu.

STEP 3 : Pengisian lembar pertanyaan
Biasanya seluruh lembaga yang memberi beasiswa ingin mengetahui motivasi, tujuan, dan kapasitas anda. Oleh karena itu biasanya disyaratkan membuat motivation letter, tetapi yang saya alami kemarin ketika mendaftar beasiswa turki motivation letter berupa pertanyaan: Kenapa anda ingin meneruskan study di luar negeri? Kenapa anda memilih turki? Apa subject penelitian anda? Apakah ada kaitannya dengan bidang pendidikan anda sebelumnya? Apakah anda mempunyai referensi di turki (orang)?.
Selanjutnya apabila pengisian sudah selesai maka anda akan melihat tombol setuju atau tidak dengan apa yang anda isi. Oleh karena itu hendaklah dicek kembali, sebelum menyetujui. Oke, setelah itu apabila anda telah setuju, maka apa yang anda isi akan diringkas selama beberapa menit, tunggu sampai successful, maka dengan demikian anda sudah terdaftar sebagai pelamar beasiswa Turki, dan YTB akan mengirim email kepada anda bahwa data anda sudah diterima, apabila lolos, maka anda berhak untuk diwawancarai.

Note: Tidak semua lolos dalam tes berkas ini, untuk itu uploadlah data yang diinginkan sebagus mungkin dan seefektif mungkin karena batas penguploadan kumulatif data hanya diperkenankan 20mb saja. Oh ya, Step selanjutnya adalah banyak2 berdoa kepada Tuhan Yang Kuasa karena hanya dengan rahmatnyalah kita bisa melanjutkan step selanjutnya yaitu, TES WAWANCARA.
Ingat bahwa teori invisible hand sangat berpengaruh dalam menentukan takdir anda.


Untuk step selanjutnya akan menyusul…… sekarang tinggal berusaha, dan kalau ada yang ingin ditanyakan monggo ditanyakan.!!!

http://www.iqbalscientist.blogspot.com.tr/2014/10/cara-mendapatkan-beasiswa-pendidikan-ke.html

You May Also Like

7 comments

  1. mau nanya klo mau dpat sertifikat TOEFL nya dimana yg diakui seccara internasional?

    ReplyDelete
  2. mungkin pertanyaan pertama saya sama dengan saudara rais qray lalu mohon pendapatnya di universitas apa baiknya untuk dipilih bagi peminat handatsah setelah program s1 iqtishad syukran atas bantuannya

    ReplyDelete
  3. Klo bea S1 apkh jg pakai toefl.. dn apkh bnr2 hrs phm ttg negara Turki (historis, budaya, kesenian dll).. Dn gmn mnsiasati wktu pndftrn dn wawancara sdgkn pngabdian blm selesai.syukron

    ReplyDelete