Tuesday, January 21, 2014

Beasiswa Turki 2014

Oleh Abdul Aziz Bin Mundzir*


Senin (20/01/2014) kemarin saya melihat status yang dibagikan oleh akun facebook Turkiye Burslari. Status itu berbunyi;
“Türkiye Bursları 2014 Yılı Başvuruları Hakkında Bilgilendirme. 2014 Yılı Türkiye Bursları lisansüstü başvuruları Mart 2014 , Lisans ve önlisans başvuruları ise Mayıs 2014 tarihlerinde alınması planlanmaktadır. Web Sitemizden bizi takip edebilirsiniz. www.turkiyeburslari.gov.tr”

“Information about Turkey Scholarships applications in 2014. We will begin accepting graduate degree applications for 2014 on March 2014; undergraduate degree and associate degree applications for 2014 on May 2014. Please follow us on our website. www.turkiyeburslari.gov.tr”


Di tahun lalu saya juga sudah pernah menulis tentang beasiswa yang sama, tentang Turkiye Burslari. Akan tetapi, karena website kami yang lama bermasalah, akhirnya kami membuka website baru untuk sarana berbagi tentang segala hal berkenaan dengan Turki kepada Indonesia.

Beasiswa pendidikan begitu sangat diminati oleh seluruh pelajar dunia saat ini. Berbagai informasi dan kabar berkaitan dengan beasiswa pendidikan adalah hal yang paling sering dicari oleh para pelajar melalui browsing internet atau dengan cara lainnya. Salah satu beasiswa yang menjadi topik menarik saat ini adalah beasiswa pemerintahan Turki. Beberapa waktu yang lalu banyak sekali teman yang menanyakan informasi tersebut kepada saya. Untuk menjawab satu persatu pun membuat saya kesulitan, akhirnya saya memutuskan untuk mempersingkat saja dalam sebuah artikel ini.

Beasiswa pemerintah Turki adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa di seluruh dunia yaitu dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik itu S1, S2 ataupun S3 di Negara Turki. Pada tahun yang 2012 dikenal dengan “Turkiye Burslari Scholarship”, ada juga yang menyebutnya beasiswa YTB dan pada tahun sebelumnya lagi dikenal dengan beasiswa “MEB (Milli Egitim Bakanligi)”. Tidak ada perbedaan yang yang jauh antara keduanya. Hanya saja yang sekarang memiliki proses pengurusan yang lebih mudah. Untuk singkatnya saya akan menjelaskan beasiswa untuk tahun 2012 dan 2013 saja. Kemungkinan besar untuk tahun 2014 ini akan mempunyai proses yang tidak banyak berbeda.

Ada banyak macam beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintahan Turki untuk pelajar dunia, terdiri atas 22 macam beasiswa. Namun tidak semua pelajar bisa mendaftarkan dirinya. Dari 22 macam itu pelajar Indonesia hanya bisa mengakses 8 macam saja. 8 beasiswa itu adalah;

- Goldenhorn Scholarship (undergraduate)
- History and Civilization Scholarship (graduate and research)
- Ibni Haldun Social Sciences Scholarship (graduate and research)
- Economic Studies Scholarship (graduate and research)
- Ali Kuşçu Science and Technology Scholarship (graduate and research)
- İbni Sina Medical Sciences Scholarship (undergraduate, graduate and research)
- Islamic Theology Scholarship (undergraduate, graduate and research)
- Yunus Emre Turkish Language Scholarship (undergraduate, graduate and research)

Menurut kabar yang saya dapatkan dari beberapa teman yang mendapatkan beasiswa juga tercantum di website resminya, di antara keistimewaan beasiswa itu adalah pelajar mendapatkan biaya universitas gratis setiap semester, biaya pendidikan bahasa Turki selama satu tahun, asuransi kesehatan umum dan asrama tempat tinggal, sudah termasuk sarapan serta makan malam. Sedangkan uang saku yang diterima pelajar; untuk mahasiswa S1 (baik yang 2 tahun atau 4 tahun) sebesar 500 TL (300 USD), mahasiswa S2 sebesar 750 TL (450 USD), mahasiswa S3 dan penelitian sebesar 1000 TL (575 USD). Uang saku tersebut akan dikirimkan otomatis ke akun bank masing-masing pelajar. Kemudian setiap pelajar penerima beasiswa mendapatkan tiket pemberangkatan pertama, juga tiket pulang setelah kuliah selesai secara gratis.

Pendaftaran bisa diakses dengan sangat mudah dan praktis, yaitu secara online. Proses ini sudah berjalan dari tahun 2012 dan memang sangat praktis. Website tersedia dengan bahasa Turki dan Inggris. Alamat resmi “Turkiye Burslari Scholarship” adalah (www.trscholarships.org).  Tentang persyaratan dan penjelasan detail bisa teman-teman pelajari sendiri di website ini. Ketika aplikasi pendaftaran dibuka segeralah mendaftarkan akun dalam website itu, sehingga kabar selanjutnya juga bisa teman-teman terima secara update. Sedangkan kapan aplikasinya dibuka masih belum ada kabar jelas. Ada yang mengatakan pendaftarannya sebentar lagi, jadi teman-teman sering-sering saja mengunjungi website agar tidak ketinggalan berita. Jika melihat tahun lalu, pendaftaran ditutup pada awal juni 2012. Tahun ini diperkirakan akan sama seperti tahun yang lalu.

Semua “required document” yang diminta nanti harap sudah discan agar memudahkan aplikasi online. Termasuk foto, ijasah, dll dalam bentuk soft copy. Kartu identitas bisa menggunakan KTP, Akte kelahiran ataupun passport.

Dalam website resi dijelaskan mengenai prosedur penyeleksian mahasiswa yang akan diterima. Ada dua tahap; pertama, tahap akademisi. Peserta akan dievaluasi sesuai dengan nilai akademis, berdasarkan dokumen yang diberikan selama aplikasi. Tahap kedua, tahap wawancara. Undangan wawancara akan masuk ke e-mail masing-masing peserta. Pada tahun 2012 peserta akan diundang ke Turki untuk wawancara. Yaitu di bulan Juni, Juli atau Agustus. Namun sejak tahun 2013 wawancara bisa dilakukan di kedutaan Turki yang berada di Negara masing-masing. Sedangkan Negara yang tidak terdapat kedutaan Turki, wawancara akan dilakukan dengan melalui peralatan telekomunikasi.

Ada beberapa persyaratan lain yang harus diperhatikan;
1. Untuk program S1 (baik 2 tahun maupun 4 tahun) tanggal lahir harus  lebih dari  01.01.1993;
2. Untuk S2 tanggal lahir lebih dari 01.01.1984;
3. Dan untuk S3 atau penelitian tanggal lahir lebih dari 01.01.1979.

Selain beasiswa pemerintah Turki, ada banyak macam bentuk beasiswa swasta yang diberikan oleh yayasan lokal. Saya termasuk dari mereka yang mendapatkan beasiswa swasta. Untuk informasi berkenaan beasiswa swasta tidak dikabarkan secara resmi seperti beasiswa pemerintah Turki. Mungkin teman-teman bisa mendapatkan informasinya dari sekolahan-sekolahan Turki di Indonesia, jamaah pembaca Risalah Nur, ataupun sumber lainnya. Sekian semoga bermanfaat, kurang lebihnya kami mohon maaf.


*Abdul Aziz Bin Mundzir, seorang mahasiswa teologi di Universitas Kahramanmaras Sutcu Imam.

30 comments:

  1. Terimakasih banyak infonya.

    Tapi saya ga ngerti maksudnya : Untuk S2 tanggal lahir lebih dari 01.01.1984, maksudnya lebih dari 1984... harus di atas itu???

    ka saya mau tahu dunk info yang swasta, kalau mau tinggal/ camp di dershane yg semuanya gratis gimana? ada ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bantu jawabnya ya mbak sukanthi. Maksudnya, peserta yang ingin applu beasiswa ini berusia maksimal tanggal itu.

      jadi untuk informasi ini, untuk S2 yang lahir tanggal 1,2,3 dan seterusnya pada januari 1984 boleh mngikuti. Sedangkan yang lahir tanggal 31 desember 1983 tidak bisa mengikuti.

      Begitu yang saya fahami.

      Abdul Ghaffar Chodri (Anggota ikpm turki di Kota Konya Turki)

      Delete
  2. Iya, artinya yang boleh mendaftar adalah mereka yang berumur di atas atau setelah tanggal tersebut. :)))

    ReplyDelete
  3. wah makasih infonya!

    Mau nanya sedikit. Kebetulan saya dulu termasuk salah satu dari yang mendapatkan beasiswa Turkish Language Summer Course, TOMER, tahun 2011, untuk tahun 2014 tidak dibuka lagi ya programnya?

    oia, untuk program beasiswa yang disebutkan dalam posting ini, apakah sudah ada jadwal dibuka dan paling lambat pendaftarannya kapan? terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbakkk...sucii slm kenall..mw tipsnya dong mbak itu wkt keterima summer course tomer..makasih mbakk..mhn d share yaaa...

      Delete
  4. Untuk ust2 anggota ikpmturki..salam kenal dari kami 2 alumni pmg di kota baghdad..semoga kapan kita ada kesempatan bisa bersua di mana saja.

    ReplyDelete
  5. Mbak Suci, insyaAllah setiap musim panas program ini selalu ada. Untuk beasiswa ini baru diberitakan awal mulai pendaftarannya saja. :))

    Mas Sirojuddin, wa'alaikumslam. Wah, Baghdad ya? Mantap. Salam sukses semua. Ditunggu kunjungannya. :)))

    ReplyDelete
  6. Ulasannya mantap, teşekkur ederim atas informasinya. salam kenal dari ana anggota IKPM cabang Kairo :)
    ijin share di blog ana ya :)

    ReplyDelete
  7. Afwan. Syukron kang, salam kenal juga. Minfadhlikum... ^ ^

    ReplyDelete
  8. nice info..
    untuk jurusan pendidikan bahasa arab gak ada ya akhi?

    ReplyDelete
  9. Beasiswa turki ada 3, yg pertama pemerintah, kedua PASIAD dan yg terakhir jemaah pembaca risalah nur... Mohon penjelasan untuk jalur yang ketigam untuk yang pertama dan kedua saya sudah paham

    ReplyDelete
  10. untuk penerima beasiswa s2 itu biasanya mulai kuliahnya bulan apa ya?

    ReplyDelete
  11. Mas Fharis, untuk itu mas bisa berkomunikasi dengan yayasan pembaca risalah Nur yang di Indonesia.

    Mbak Indah, untuk masuk kuliah setiap kampus berbeda mbak. Kira-kira ya bulan septemberan gthu..

    ReplyDelete
  12. Kalau tidak salah ada, salah satu senior kami sedang program doktoral dalam jurusan bahasa Arab malah di Universitas Ankara.

    ReplyDelete
  13. kak, beasiswa summer course kapan dibuka pendaftarannya dan apabila ingin mendaftar lewat mana?

    ReplyDelete
  14. Belum ada pengumuman tentang beasiswa summer, mungkin beberapa bulan sebelum musim panas baru dibuka. Nanti kalau sudah dibuka insyaAllah akan kami posting disini. Biasanya pendaftarannya lewat website resmi, online.

    ReplyDelete
  15. minta bimbingannya agar bisa lanjut s2 di turki

    ReplyDelete
  16. Ada banyak artikel teman-teman kami yang sudah dipost di website mereka masing-masing, jadi bisa mas Arif search saja di internet. ini contoh;

    http://sakuraromawitimur.blogspot.com.tr/2013/05/5-wasiat-pertanyaan-di-balik-wawancara_1041.html

    ReplyDelete
  17. bisa izin di share beritanya mas aziz and terimakasih

    ReplyDelete
  18. Mohon info mengenai beasiswa summer course 2014 karena yg saya lihat di website turkiyeburslari skrg hanya diminta untuk mengaplikasikan dokumen undergraduate program yang seluruh aplikasinya diterima mulai maret 2014 (hari ini). Saya sangat berminat mengikuti program summer course turki dan khawatir ketinggalan info. Mohon bantuannya :( çok teşekkurler

    Atau kontak saya di silver_mint@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  19. Dear IKPM,
    Apa Perbedaan kuliah S1 yang 2 tahun dengan yang 4 tahun?terima kasih

    ReplyDelete
  20. Amalia@ untu beasiswa summer course tahun ini belum keluar.

    Talitha@ Di Turki S1 yang dua tahun biasa disebut önlisans, sedang yang 4 tahun disebut lisans saja. Kalau di İndonesia yang dua tahun juga bisa disebut dengan D2, D3 gthu. Sedang yang 4 tahun itu sama S1 di İndonesia. Sepertinya begitu. Syukran.

    ReplyDelete
  21. aslkm kaka klo pendaftaran buat beasiswa s1 kan ijazah gontor nya blom keluar trs katanya kan pake surat keterangan lulus gk papa tapi bukan pake bhs.l;ndonesia boleh gk
    ....nah trs nilai kita kan gak tau nilai nya berapa??syukron

    ReplyDelete
  22. untuk tahun ini kapan dimulai pendaftaran kesana be??

    ReplyDelete
  23. saya masih dalam proses penyelesaian skripsi, InsyaAllah bulan Desember 2014 ini akan di wisuda. Jadi belum boleh daftar ya?

    ReplyDelete
  24. salam. saya mau tanya untuk jalur beasiswa swasta mereka memberikan fasilitas apa saja, bisa di share apa nama dari biasiswa dari pihak swasta? terima kasih

    ReplyDelete